Pelatihan Gerakan dan Komunitas bagi Women’s March Indonesia


Selama 22-23 November 2019 di Jakarta, 20 anggota dari cabang-cabang Women’s March di seluruh Indonesia mengikuti pelatihan dari Perkumpulan Lintas Feminis Jakarta (Jakarta Feminist, yang sebelumnya diketahui dengan nama Jakarta Feminist Discussion Group). Semua peserta berasal dari komunitas yang pernah mengadakan perayaan Women’s March pada tahun 2018 dan/atau 2019 di wilayah masing-masing.


Peserta belajar tentang cara membangun dan memperluas komunitas, mengembangkan visi dan misi komunitas, pentingnya berjejaring dengan organisasi dan komunitas lain, dan cara meningkatkan potensi dan keberlanjutan gerakan. Mereka juga membahas sejarah gerakan perempuan di Indonesia dan di wilayah masing-masing, serta mengidentifikasikan tokoh perempuan yang sering terlupa masyarakat umum. Selain itu, semua peserta mengikuti Feminist Fest untuk bertemu dengan pegiat dan ahli dari banyak instansi dan gerakan, termasuk gerakan buruh, lingkungan hidup, dan orang adat.

Wilayah yang mengikuti pelatihan tersebut adalah Aceh Besar, Bandar Lampung, Bandung, Blitar, Cirebon, Denpasar, Indramayu, Kupang, Malang, Medan, Pasuruan, Pontianak, Semarang, Serang, Sumba, Sumedang, Surabaya, Ternate, dan Tondano.


Semua wilayah ini (serta beberapa wilayah yang berhalangan hadir) juga akan diajak mengikuti pelatihan lain di Yogyakarta pada bulan Januari 2020. Pelatihan kedua tersebut akan berfokus pada penggunaan media sosial dan media massa untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, berjejaring dengan komunitas lain, dan kepentingan advokasi.


Women’s March Indonesia berencana berkembang lagi pada tahun 2020 dengan penambahan beberapa wilayah baru. Jika komunitasmu ingin mengadakan Women’s March di daerahmu, segera mengirim surel kepada jakartafeminist@gmail.com dengan judul “Wilayah baru Women’s March 2020”.

Terima kasih kepada Canada Fund for Local Initiatives (CFLI) atas dukungannya untuk pelatihan ini.


Sampai ketemu di kegiatan berikutnya!

©2020 Jakarta Feminist. Dibuat dengan Wix.com